Pelopor Inovasi Teknologi Dari Kembang Kuning


KM. Sukamulia - Musanip dinyatakan lulus sebagai Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi oleh Penyelenggara dan Dewan Juri Pemuda Pelopor Lotim tahun 2019. Pemuda ini merupakan salah satu dari 5 orang Pemuda Pelopor Lotim yang berhak melaju sebagai calon Pemuda Pelopor Nusa Tenggara Barat 2019.

Para pelaku wisata dari wilayah Tete Batu dan Kembang Kuning mengakui bahwa pemuda asal Desa Kembang Kuning ini memang merupakan inisiator dan inovator dalam pengembangan promosi wisata berbasis online di dua desa wisata tersebut.


Fadli (Ketua Asosiasi Pokdarwis Lotim) menyatakan, "Kami mengakui bahwa Musanip memang memiliki peranan yang sangat besar bagi perkembangan dunia wisata di wilayah Tete Batu dan Kembang Kuning. Ia-lah yang membawa Booking.com dan RBNB sebagai media promosi home stay dan penginapan di wilayah Tete Batu dan Kembang Kuning".


Beram Ramli (Inisiator dan Ketua Pertama
Home Stay Lombok Indonesia) juga mengatakan hal senada, "Sebelum Musanip membawa Booking.com masuk ke Kembang Kuning dan Tete Batu, kami selaku pengelola home stay mendapat tamu dengan cara manual. Kami menunggu tamu yang lewat di jalan dan menawari mereka untuk menginap di home stay yang kami kelola".

"Setelah media promosi berbasis online itu dibawa ke sini oleh Musanip, maka kami merasakan manfaat yang sangat besar, kami tinggal menerima pesanan secara online dan itu cukup epektif meningkatkan pendapatan kami sebab setelah dionlinekan banyak tamu yang menginap dan menikmati destinasi wisata di tempat kami. Dengan demikian kami sangat mengapresiasi kreatifitasnya yang kini membuat ia menjadi Juara Satu Pemuda Pelopor Lotim pada Bidang Inovasi Teknologi", tambah laki-laki yang akrab disapa Beram itu.


Selain membawa pihak Booking.com dan RBNB, Musanip juga aktif mengarahkan pelaku wisata di desanya untuk memanfaatkan internet dengan positif, yakni untuk memperomosikan destinasi wisata dan paket-paket wisata yang ada di wilayah-nya. Tidak heran jika kini Desa Wisata Kembang Kuning menggeliat dan Desa Wisata Tete Batu semakin melejit dengan berbagai destinasi dan paket wisata yang dikelolanya.

Pemuda kreatif yang satu ini memang dikenal aktif oleh para Pengelola Wisata di wilayah Lotim dalam memperomosikan destinasi wisata di seputaran Lombok Timur. Dengan demikian, tidak heran jika Dewan Juri Pemuda Pelopor Lotim tahun 2019 meluluskannya sebagai salah satu Juara pada even seleksi Pemuda Pelopor Lotim 2019 pada Bidang Inovasi Teknologi yang meskipun pada awalnya ia ikut di Bidang Sosial Budaya.

Yaaa, semoga saja pemuda inspiratip yang satu ini bisa lolos mewakili Nusa Tenggara Barat sebagai Pemuda Pelopor Nasional 2019 pada Bidang Inovasi Teknologi.
_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru