Jalal Perintis Jamu Tiram, Mampu Buka Lapangan Kerja

Kadang mencari pekerjaan itu dianggap sangat sulit bagi setiap orang. Namun ketika orang itu ingin berbuat dan berinovasi, tentu pekerjaan itu akan dia ciptakan sendiri. Jarang diantara kita semua ingin mencoba menjadi seorang pengusaha,dan kebanyakan diantara kita ingin menjadi pegawai, baik itu di pemerintahan hingga perusahaan. Yang artinya itu adalah bawahan dari para manager atau bos-bos di perusahaan itu sendiri.
Pemuda inspiratif ini namanya Jalal, alamatnya di Dusun Karang Pangkor Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Dia mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, bahkan dia mampu mempekerjakan warga sekitarnya yang tidak memiliki pekerjaan.

Jalal merupakan pemuda yang memproduksi Jamur Tiram, Jamur Tiram ini dia rintis sejak tahun 2015 hingga sekarang. Jamur Tiram ini sudah mampu ia distribusi didaerah Lombok Tengah  bahkan ke luar daerah Kabupaten Lombok Tengah. 

Jamur Tiram ini sudah banyak dibeli dan menjadi kesukaan semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kadang ia jadikan sebagai makanan favoritnya, dilihat dari  penghasilannya pun cukup menjanjikan, penghasilannya pun bisa mencapai 500 ribuan perhari. Paling sedikit 300 ribu perhari, itu sudah paling tida ada  pelanggan yang membeli. 
Setiap hari pembeli memesan Jamur Tiram yang dimiliki oleh Jalal.

Jalal pun sudah memiliki karyawan tetap sebanyak 3 tiga orang, dan dia menggaji karyawannya dari hasil jualannya dengan upah 50 ribu perharinya.

"Alhamdulillah Jamur Tiram ini sudah bisa kami pasok ke beberapa tempat, bahkan kita sudah kirim ke luar Kabupaten Lombok Tengah,"kata Jalal saat diwawancarai KampungMedia.Com dirumahnya.


Cara pembuatan Jamur Tiram tersebut kata Jalal sangatlah mudah, namun dibutuhkan ketekunan dan keuletan serta kegigihan dari pembuatnya. Karena menurutnya Jamur Tiram ini hanya bermodalkan serbuk gergaji/tain sumil, dedak, dan kapur. Serta dibuatkan tempat dan dibungkus rapi agar menghasilkan Jamur Tiram yang berkualitas.

"Cara buatnya cukup mudah, asalkan kita mau berusaha saja dan tidak gengsi. Alhamdulillah penghasilannya cukup untuk sehari-hari dan juga saya bisa bantu warga sekitar untuk memiliki pekerjaan tetap setiap harinya,"terang alumni UIN Mataram ini.

Jalal juga menjelaskan bahwa menjadi pengusaha apapun itu cukuplah mudah, tidak mesti dengan memiliki modal besar. Namun juga dengan modal seadanya bisa melakukan dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

"Usaha sederhana seperti ini bisa dilakukan dengan mudah. Tidak mesti harus memiliki modal banyak, yang penting mau memulai dan melakukannya,"jelasnya.


Jamur Tiram ini juga harganya cukup murah, bisa didapat dengan harga 500 rupiah permikanya. Dan jika beli banyak tentunya juga ada diskon dari pemiliknya.

Jamur tiram ini juga bisa beli dengan mudah, bisa dengan datang langsung ke produksinya di Dusun Karang Pangkor Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah.  Bisa juga dengan memesan lewat pemiliknya langsung dengan menghubungi atas nama Jalal di nomor 085961439623. Nanti akan bisa langsung diantar sesuai pesanan dari pelanggan.
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru