Pecatur Termuda NTB

Permainan catur merupakan permainan yang memiliki nilai historis. Permainan ini ada sejak bertahun tahun yang lalu. Pada awal masanya permainan ini telah menjadi permainan yang digemari sampai saat ini pula permainan ini tak lekang oleh zaman tetap digemari berbagai kalangan.

Kompetisi permainan ini tetap diselenggarakan dalam berbagai ajang. Permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan strategi yang mumpuni ini telah membawa Muhammad Alpha Ivan Nafis anak umur 8 tahun menjadi pecatur termuda asal Nusa Tenggara Barat.

“Dari sekian banyak pecatur yang main sama Alpha, Alpha paling kecil,” ungkapnya

Alpha Sapaan akrabnya bermain catur sejak menjadi siswa Taman Kanak-kanak dan mulai serius menekuni permainan klasik ini  sejak umur 6 tahun. Berkiprah di dunia catur 2 tahun terakhir ini membawa siswa kelas 2 SDN 2 Kotaraja Lombok Timur ini menjadi juara dalam berbagai event.

Putra tunggal dari Syaeful Fahmi dan Erna Rosita ini telah melanglang buana ke berbagai daerah di Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti berbagai kompetisi catur. Termasuk dalam event yang dIsokong oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) siswa SD ini didaulat sebagai juara 1 Yunior dalam Kejuaraan Catur Cepat Bupati Sumbawa Cup II. Kompetisi yang diselenggarakan di Sumbawa ini merupakan kompetisi antar pelajar se-NTB.

“Kalau di Provinsi antar Junior sering dapat Juara dalam berbagai kompetisi catur termasuk yang diadakan oleh Percasi, kemarin aja Alpha dapat juara 1 di Alas,” Ujarnya.

kecerdasan dan ketangkasannya dalam memainkan catur membuatnya menjadi juara pada tahun 2017 ini dalam Sahabat Cup II Chess Open Tournament  se NTB di Alas Barat Sumbawa dalam kategori Junior.

Tahun 2017 dalam event Gubernur Cup yang digelar di Mataram bulan Agustus lalu, siswa yang masih duduk di kelas 2 SD ini menduduki peringkat ke 4 ketika berlaga dengan pelajar dan mahasiswa di NTB.

“Saingan Alpha anak kuliahan dan yang dapat juara masih anak SMP dan SMA juga,” Imbuhnya.

Bukan hanya kompetisi antar pelajar se-NTB, Kompetisi se-Kabupaten juga sering diikuti dan juara tetap diraihnya.

Bukan hanya itu banyak orang kagum melihat permainan anak laki-laki ini dalam berbagai kompetisi catur di berbagai event.  Ia juga sering bermain catur dengan masyarakat disekitar tempat tinggalnya atau dengan para pecinta catur lainnya.

Dalam bidang akademik anak laki laki asal Sikur ini sangat unggul. Ia disebut juga sebagai salah satu anak yang multitalenta.

Harapan besar menjadi master catur diingikan putra NTB ini. Ia juga Ingin membawa nama NTB dalam kompetisi Nasional bahkan Internasional.

Anak laki-laki ini tengah mempersiapkan kompetisi catur yang akan digelar bulan Februari mendatang . Diakuinya persiapan tetap dilakukan dengan baik, giat berlatih dan memupuk diri melalui informasi tentang catur dengan membaca buku catur. []

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru