Muda dan Berprestasi

Anak muda adalah tonggak pembangunan bangsa. Sejarah negeri ini tidak terlepas dari peran anak-anak muda. Mereka eksis berkarya dan berprestasi.

Semangat membangun negeri dan berperan sebagai generasi muda berprestasi ditunjukkan oleh Gagas Lama Pamungkas yang merupakan Duta Anak Nusa Tenggara Barat (NTB) 2016. Ia tergabung dalam Forum anak pada tahun 2014 dan didaulat sebagai Duta Anak yang mewakili NTB pada perhelatan Forum Anak Nasional  2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Saya juga dianugrahi sebagai Duta Internet CaKaP pada tahun 2016 lalu oleh Kementrian Kominfo,” ungkapnya.

Diakuinya, sebagai Duta Incakap (Internet Cerdas Kreatif dan Produktif) dituntut untuk melek terhadap Internet dan Teknologi. “Ini juga merupakan bekal untuk kuis Kihajar kedepannya,” imbuhnya.

Gagas sapaan akrabnya merupakan salah satu delegasi NTB dalam kompetisi Kuis Kihajar Nasional 2017 yang diselenggarakan pada bulan November mendatang di Jakarta. Kompetisi ini menuntut anak muda untuk melek Internet, menguasai akademis, memiliki pengetahuan umum dan paham tentang isu sosial terkini di kalangan masyarakat.

Pemuda yang memiliki hobi desain ini, telah lolos dalam seleksi kuis Kihajar provinsi dan Isu yang dibawa saat kuis Kihajar di NTB adalah isu tentang akses internet gratis di Sekolah. Ia membahas tentang Pro-Kontra akses Internet gratis sekolah. Hal tersebut membawanya untuk berkompetisi pada kuis Kihajar nasional 2017 yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Berbicara tentang internet dan teknologi, siswa SMA Negeri 5 Mataram ini merupakan anak muda yang peduli dalam penggunaan internet yang baik dan benar. Untuk mengoptimalkan perannya sebagai Duta Anak dan Duta Incakap. Ia tergabung dalam salah satu media anak nasional statusfan.com. Media Statusfan.com merupakan wadah bagi anak muda Indonesia untuk mengenal internet sehat.

Salah satu anak kembar dari Sukriono dan Orpapani ini sangat peduli dengan perkembangan anak muda Indonesia. Ia berharap melalui perannya dalam berbagai kegiatan yang pernah diikuti dapat berguna bagi perkembangan generasi muda Indonesia.

(Nad_IKP)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru