Mengenal Surfer Terbaik Indonesia Asal Dompu

Kabupaten Dompu patut berbangga karena memiliki seorang Pemuda yang dikenal luas oleh Dunia lewat prestasinya dalam menaklukan ombak.  Pemuda yang bernama Hairil Anwar Hamzah yang akrab disapa Oney Anwar ini adalah salah satu surfer hebat serta handal yang dimiliki oleh Indonesia dan telah berhasil menjuari turnamen Wold surfing. Oney Anwar lahir di Desa Hu’u Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu pada tahun 1993. Oney menjadi bagian jadi team Ripcurl dan menjadi alah satu surfer andalan Ripcurl sejak bergabung dengan team Ripculr sejak tahun 2003 lalu.

Oney yang tumbuh dan besar di daerah pantai ini, sejak kecil sudah mulai menggeluti olah raga air. Rupanya Oney mengikuti jejak sang kakak Tony Ubadiah yang juga pernah menjadi surfer terbaik Indonesia. Kakak kandung Oney ini adalah orang pertama kali yang memperkenalkan ombak kidal Lakey pada Dunia. Oney tumbuh besar dan mulai berselancar di ombak Lakey Peak. Karena kelihaiannya dalam menaklukan ombak dan berhasil menjuarai turnamen surfing berbagai tingkat membuat dirinya menjadi team rider dari brand ternama Rip Curl. Pertama kali gabung dengan Rip Curl, Oney sudah menunjukkan bakat untuk menjadi surfer kelas dunia.

Sejak bergabung dengan Rip Curl dan memberikan tropi juara untuk Rip Curl, akhirnya Oney diajak oleh Rip Curl tinggal di Queensland, Australia  sejak tahun 2007. Oney yang  sebagai bagian dari Rip Curl's International Grommet development program, surfing dan bersaing di Palm Beach boardriding Club. Oney adalah orang Indonesia pertama yang lulus dari Palm Beach Currumbin State High. Oney terus meningkat di jajaran Juniors Pro Australia dan menciptakan sejarah sebagai surfer Indonesia pertama yang memenangkan kompetisi Australian Pro Junior pada tahun 2010. Hasil dari torehan prestasi yang dicapainya, rupanya Oney tidak sombong dan selalu ingat dengan orang tuanya yang ada di Desa Hu’u, dari sejumlah uang yangdia peroleh, Oney mengirimkan kepada orang tuannya untuk membeli rumah.

Saat ini, Oney tengah dalam perjalan menuju America untuk mengikuti Word Championship ASP, QWS, dan CT (tingktan kelas surfing) pada tanggal 4 agustus 2016 ini. Setelah mengikuti tournament di America, Oney juga akan mengikuti tournament yang sama di Jepang, dan kemudian akan kembali ke Indonesia untuk kembali mengikuti kejuaran yang sama yang akan digelar di Pantai Lakey pada 19 Agustus 2016 mendatang.

Sebagai peselancar muda, Oney memiliki cita-cita untuk mejadi surfer terbaik Dunia dan mengharumkan nama Indonesia dikancah Dunia. Oney sangat suka dengan ombak Lakey Peak dan juga menyukai ombak Keramas serta Snapper Rock. 


Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru