Amaq Yus "Ran" yang Adil

Sambang Kampung- Masyarakat di pedesaan tentu sangat mengenal namanya “ Ran”, setiap masyarakat yang mengadakan hajatan dan acara pasti akan membutuhkan seorang “ran” untuk menangani masalah lauk pauk para tamu yang dating dalam hajatan tersebut. “Ran” adalah orang yang bertanggungjawab atas ketersediaan lauk pauk dalam sebuah hajatan atau acara dimasyarakat.

Seorang ran akan mengatur seluruh masakan yang dihidangkan baik itu berupa ares, dan lauk yang akan di bagikan ke masyarakat. Salah seorang ran yang sangat dipercaya oleh masyarakat Mudung Barat yaitu Amaq Yus, setiap ada masyarakat Mudung Barat yang melaksanakan hajatan beliau selalu diminta untuk menjadi ran. Beliau dianggap sebagai ran yang sangat adil dan selalu memenuhi kebutuhan tamu yang diundang oleh masyarakat yang melaksanakan hajatnya.

Amaq Yus mengatakan bahwa sebagai seorang ran harus mampu memperkirakan jumlah tamu yang akan hadir diacara hajatan tersebut mulai dari tamu gubuk (tamu dikampung setempat) maupun tamu yang diundang oleh keluarga termasuk juga tamu yang tidak pernah diperkirakaan harus terpenuhi kebutuhan ares dan dagingnya.

Tugas ran memang sangat berat mulai dari persiapan bahan, memasak, menyiapkan dan membagikannya kepada para tamu dan undangan. Sebagai seorang ran yang sudah sangat berpengalaman Amaq Yus selalu berhasil memperkirakan jumlah tamu, sehingga yang mempunyai hajat selalu merasa puas.

Tugas ran yang sangat berat adalah harus mengontrol seluruh masakan yang sedang dimasak setelah itu diberi bumbu dan biasanya dilakukan pada tengah malam sehingga ran tidak boleh tidur dari pagi hingga acara selesai. (Uyik) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru