logoblog

Cari

Zaenab, Perempuan Perintis Desa Wisata

Zaenab, Perempuan Perintis Desa Wisata

Bukan hanya alam yang memberikan sisi keindahan untuk dinikmati. Manusia pun mampu melakukan perubahan pada alam sehingga tercipta suatu keindahan. Terkadang

Sosok Inspiratif

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
02 Oktober, 2019 14:06:10
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 10693 Kali

Bukan hanya alam yang memberikan sisi keindahan untuk dinikmati. Manusia pun mampu melakukan perubahan pada alam sehingga tercipta suatu keindahan. Terkadang alam memberikan sebuah lingkungan yang tampak gersang, namun keuletan dan daya kreatif sumberdaya manusia yang ada di dalamnya mampu melakukan suatu perubahan sehingga tampak indah. Desa Bilabante adalah salah satu desa yang awalnya kaya dengan hamparan pasir sehingga menjadi sebuah kawasan pertambangan. Kendaraan angkutan pasir pun ramai memasuki kawasan galian pasir ini, akan tetapi meresahkan bagi warga sekitar karena debu yang dihasilkan dari kendaraan-kendaraan tersebut terbang dan menyelimuti ruang-ruang aktifitas warga, bahkan mengganggu sistem pernafasan. Desa inipun akhirnya dijuluki dan terkenal sebagai Desa Debu. Namun seiring dengan perjalanan waktu, desa debu ini berproses  hingga menjadi sebuah desa wisata hijau.

Desa Bilabante terletak di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa wisata hijau ini dirintis oleh warga masyarakat sendiri dari tahun 2011. Namun setelah dijejaki, perubahan desa debu ini menjadi sebuah kawasan wisata ditumbuh-kembangkan oleh pergerakan warga setempat, termasuk pergerakan kelompok usaha perempuan. Salah seorang pemimpin perempuan yang sangat berperan penting dalam pengembangan desa ini sehingga menjadi desa ekowisata adalah Hajah Zaenab (43 th).