logoblog

Cari

Penenun Endek Daya Tarik Peserta APGN 2019

Penenun Endek Daya Tarik Peserta APGN 2019

Salah satu yang menjadi daya tarik dalam acara pembukaan The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) adalah sosok Umi Fatimah. Fatimah

Sosok Inspiratif

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
05 September, 2019 13:59:55
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 867 Kali

Salah satu yang menjadi daya tarik dalam acara pembukaan The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) adalah sosok Umi Fatimah. Fatimah sedang membuat kain Endek dari Ungge. Ungge merupakan salah satu daerah yang ada di di  Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah.

Rangkaian acara sukses memukau ratusan peserta yang dihadiri lebih dari 30 negara. Fatimah ditampilkan sedang memperagakan Teknik menenun secara tradisional dalam pameran yang berlangsung di halaman parker Hotel Lombok Raya, Mataram, Selasa (03/19).

Fatimah yang saat ini berusia 34 Tahun mengaku sangat bangga dapat tampil dalam ajang internasional APGN 2019. “Saya sangat bangga bisa hadir menampilkan Teknik menenun secara tradisional, saya juga berterima kasih kepada Dekranasda NTB telah memberikan kesempatan untuk bisa tampil dalam acara ini” tuturnya.

Sejak usia 14 Tahun Fatimah menenun untuk membantu kedua orang tua dan laki – laki harus menguasai kerajinan perak. Berbagai jenis kain dari daerah Ungge, salah satunya yang paling dikenal adalah kain  kembang komak. Fatimah biasa menjual kain tenun kisaran dari harga Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 2.500.000.

 

Baca Juga :


Sebagai pengerajin tenun Fatimah merasa sangat bersyukur dapat melestarikan salah satu warisan budaya yang saat ini menjadi tugas semua warga NTB untuk terus memperkenalkan kepada dunia.  “Alhamdulillah merasa sangat bersyukur menjadi pengerajin tenun, sekaligus memperkenalkan warisan budaya yang sangat banyak di NTB” tuturnya. (ely – Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan