logoblog

Cari

Dari Abri Menjadi Kepala Desa

Dari Abri Menjadi Kepala Desa

Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Mengutip sebuah mutiara hadits

Sosok Inspiratif

Firman Purnawirawan
Oleh Firman Purnawirawan
28 Agustus, 2019 09:27:54
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 1122 Kali

Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Mengutip sebuah mutiara hadits dalam agama yang penulis yakini. Sudah menjadi ketetapan-Nya bahwa kita adalah seorang pemimpin. Hal ini tidak mempedulikan apa jabatannya sekarang, berapa jumlah bawahannya, strata pendidikannya, darimana sukunya berasal, dan berapa penghasilannya per bulannya.

Desa Batunyala yang merupakan Desa di kecamatan Praya Tengah kembali menunjukkan eksistensinya. Terlihat Ketika perubahan pemimpin dari pemimpin lama menuju yang Baru. Dari sebelum sebelumnya yang masih minim dengan informasi kepada masyarakat bagaimana kepemimpinan seorang Kepala pemerintah sebelumnya. 

Akhir bulan lalu tahun 2018, pemilihan serentak kepala desa di Lombok tengah cukup mengejutkan. Tiap tiap Desa yang memiliki calon juga begitu. Tidak memandang ras suku atau terhormatnya calon. Bahkan seorang petani pun berhak untuk mencalonkan diri asalkan siap dan punya masa. Termasuk Desa Batunyala kali ini, Seorang Pensiunan Muda Abri menjadi pemimpin Kepala Desa, Beliau adalah  H. Zainuddin. 

H. Zainuddin yang merupakan asli Batunyala Dusun Bageq Tenten seorang pensiunan muda Abri. Bukan itu saja, Beliau juga di kenal sebagai Tokoh agama yang sering menjadi imam atau bahkan membaca khutbah saat hari Jum'at. Ini menunjukkan bahwa semua orang berhak menjadi seorang pemimpin, bukan hanya seorang politisi politisi legendaris atau politisi muda saja saja yang boleh. 

Siapa sangka beliau akan menjadi Pemimpin. Awalnya niat pun gak ada. Namun Masyarakat setempat yang mendorong yang berbicara langsung. katanya sih masyarakat siap membantu asalkan keinginan ada. Setelah beberapa bulan dalam kebimbangan, akhirnya beliau siap untuk maju, asalkan siap di bantu. 

 

Baca Juga :


Proses proses yang di lalui selama pencalonan, banyak cobaan yang di lalui. iya yang namanya calon pasti begitu kan. Namun beliau tetap siap untuk menerima banyak ujian itu. Dan alhamdulliah mampu memenangkannya, itupun suara dari calon lain jaraknya cukup jauh. 

Sekitar kurang lebih satu tahun berjalan, kini beliau di kenal sebagai Kepala Desa yamg berjiwa sosial. Cukup enak terdengar ketika masyarakat memberikan pujian kepada pemimpinnya. Beliau juga sebelum menjadi seorang Kepala Desa, sering bersama teman temannya berkunjung ke warga warga setempat untuk membantu apa yang bisa di bantu. Selama menjadi Abri beliau sudah banyak dikerjakan, seperti jalan, perkebunan, pembersihan kuburan dan yang lainnya. dam biasanya ini program dari seorang pertahanan, yang sering di kenal dengan sebutan Abri masuk Desa.

gaya kepemimpinan Bapak H. Zainuddin ini seperti kepimpina bapak Presiden Ir. jokowi saja. Dengan gaya bermasyarakat yang ideal tanpa memandang jabatan, atau kehormatan. tetap saja sama sama sebagai masyarakat. Padahal kita sama sama tahu, gaji seorang kepala desa tidak seberapa kalau di bandingkan gaji seorang Abri.

Dari seorang abri menjadi kepala Desa ini mengajarkan kita bahwa, yang namanya pemimpin itu tak pernah memandang kehormatan atau suku dan ras. Akan Tetapi bagaimana kita mampu bermasyarakat dan silaturrahim untuk bagaimana menata daerah dan apa saja yang perlu di kembangkan. Jangan gara gara menjadi seorang pemimpin kita lupa diri bahwa kita dari rakyat. Jadi sama sama dari rakyat harus saling menjaga silaturrahim yang baik. 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan