logoblog

Cari

Ardiansyah, Si Penjinak Api Di Gunung Tambora

Ardiansyah, Si Penjinak Api Di Gunung Tambora

Suatu prestasi dan penghargaan yang diraih oleh seseorang tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Tetapi semuanya karena kerja keras dan pengabdian

Sosok Inspiratif

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
20 Agustus, 2019 13:35:13
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 5559 Kali

Suatu prestasi dan penghargaan yang diraih oleh seseorang tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Tetapi semuanya karena kerja keras dan pengabdian yang terus dijalankan tanpa kenal lelah.  

Seperti itu lah yang dirasakan oleh Ardiansyah. Warga Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. 

Ardiansyah dijuluki sebagai penjinak api di Gunung Tambora berkat kerja keras dan ketekunannya dalam menjaga keberlangsungan ekosistem gunung Tambora dari ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Ardiansyah adalah anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan Balai Taman Nasional Tambora, berkat itu, dia mendapatkan kehormatan untuk menerima Piagam Penghargaan Apresiasi Wana Lestari terbaik tingkat  nasional kategori Mastarakat Peduli Api (MPA) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tahun 2019. 

Acara penerimaan penghargaan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Temu Karya yang berlangsung di Hotel Santika Premiere Slipi - Jakarta pada, 15-18 Agustus 2019 lalu. 

Bukan hanya dalam kegiatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan saja, Ardiansyah juga sudah aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan sejak tahun 2015 lalu atau sejak awal terbentuknya Taman Nasional Tambora. 

 

Baca Juga :


Salah satu aktivitas yang baru baru ini ai lakukan adalah peran serta nya sebagai pengurus aktif dalam kegiatan Rehabilitasi Pemulihan Ekosistem di Taman Nasional Tambora yang dimulainya pada tahun 2018 lalu.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas pengabdian Ardiansyah di dalam mencegah, menanggulangi dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan TN Tambora.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Murlan Dameria Pane., menceritakan, dari keresahan hati karena sumber pendapatan orang tuanya yang menurun sebagai pencari madu di Hutan Tambora akibat Kebakaran hutan dan lahan. 

Sejak itu karena inisiatif, ketekunan dan sumbangsih tanpa pamrih pada lingkungan dia berhasil mendapatkan juara tingkat nasional sebagai Penerima Apresiasi Wana Lestari 2019 kategori MPA dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ungkap Murlan. 



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan