logoblog

Cari

Seleksi Ketat, Berhasil Wakili NTB Paskibraka Nasional

Seleksi Ketat, Berhasil Wakili NTB Paskibraka Nasional

Berhasil melenggang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Nasional merupakan impian masa kecil Shelly Melsyan Silva. Gadis manis asal Sumbawa

Sosok Inspiratif

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
25 Juli, 2019 14:46:37
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 7480 Kali

Berhasil melenggang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Nasional merupakan impian masa kecil Shelly Melsyan Silva. Gadis manis asal Sumbawa besar ini menggeser sekitar 400 orang melalui seleksi ketat yang digelar pemerintah Provinsi NTB.

Menjadi satu dari dua orang anggota pengibar bendera pusaka yang akan bertugas pada momentum 17 Agustus 2019 di Istana Negara, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Selly. Gadis yang masih tercatat sebagai siswi kelas XI IPS II SMAN 2 Sumbawa Besar ini tidak menyangka bisa mewakili NTB dalam momen bersejarah bangsa Indonesia itu."Saya benar- benar tidak menyangka bisa lolos ke Nasional," katanya, Kamis (25/07/19) di Mataram. 

Untuk bisa lolos ke Nasional, Selly sudah melalui berbagai seleksi ketat. Mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota hingga provinsi."Seleksinya itu sejak masih SMP. Saingannya itu sekitar 400 orang kalau dari kabupaten/kota, kemudian provinsi 38 orang, baru kemudian terpilih 2 orang ke Nasional termasuk saya," tambahnya. 

Selly mengaku, orangtua sempat tidak mendukung keinginannya mengikuti seleksi. Namun karena ia terus berusaha meyakinkan mereka. Pada akhirnya kedua orangtuanya lah yang memberi dukungan begitu besar."Orangtua dan keluarga adalah motivasi terbesar saya, saya ingin membuat mereka bangga," ungkap putri pasangan Andri Taufik dan Rosmiati tersebut. 

Tidak hanya dituntut mempersiapkan mental dan fisik yang baik. Selly juga dituntut untuk memiliki wawasan yang luas."Jadi Paskib itu tidak melulu soal fisik dan postur tubuh saja, tapi akademik juga harus bagus," terangnya lagi. 

Dalam bidang akademik, Selly mampu menguasai dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Jepang. Dimana kemampuannya ini akan menjadi modal saat di Jakarta nanti." Saya juga sudah belajar banyak seputar wawasan kebangsaan, juga tentang kebudayaan NTB terutama Sumbawa. Bagaimana adat istiadat serta keseniannya," tambah gadis yang hobi menari dan menyanyi ini. 

 

Baca Juga :


Selain itu, untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap fit dan bugar sebelum nantinya tiba di Jakarta. Selly banyak melakukan latihan fisik dengan lari pada pukul 4 pagi dan pukul 2 siang setiap harinya. "Latihan fisik itu sangat dibutuhkan,"ujarnya.

Menjadi paskib juga dituntut untuk memiliki disiplin yang tinggi sebagai modal utama."Disiplin itu kunci sukses menggapai cita-cita,"katanya. 

Selly berharap pada momentum kemerdekaan tahun ini, NTB dipercaya bisa menjadi pembawa baki,"Saya harap bisa mewakili NTB jadi pembawa baki karena terakhir kali NTB jadi pembawa baki itu sekitar tahun 2004 lalu,"tandasnya.

Bersama Muhammad Adzan Siswa MAN 2 Kota Bima, nantinya Selly akan mengikuti karantina di Ibukota mulai hari ini Kamis (25/07/19) sampai tanggal 28 Agustus mendatang. (Luk-tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan