logoblog

Cari

Penjual Salome Ingin Jadi Kades

Penjual Salome Ingin Jadi Kades

Harapan untuk meraih cita-cita tidak pernah surut dalam benaknya. Menjadi kepala desa tidak mudah, hubungan antar sesama harus kuat untuk menarik

Sosok Inspiratif

Suparman
Oleh Suparman
03 Mei, 2019 23:39:35
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 6579 Kali

Harapan untuk meraih cita-cita tidak pernah surut dalam benaknya. Menjadi kepala desa tidak mudah, hubungan antar sesama harus kuat untuk menarik empati banyak orang. Tapi cita-citanya dijalankan melalui hubungan sosial yang terus ia bangun lewat Salome (Bahasa Bima yang artinya Cilok) yang dijajakan setiap hari. 

Sejak kuliah di salah satu perguruan tinggi Kota Bima hingga saat ini, masih tetap eksis sebagai pemburu rupiah di sudut kampung demi memenuhi kebutuhan hidupnya dari berjualan balon gas hingga Salome. Siapa yang tidak kenal dengan sosok itu? hampir semua masyarakat desa mengenal sosoknya, dari yang kecil sampai orang tua. Karena begitu akrabnya dengan masyarakat, sampai saat ini ia di kenal dengan sapaan akrab "Mas Barang".

Pemuda yang memiliki nama asli Agus Purwanto (29) asal Desa O'o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Merupakan seorang pemuda penjual cilok keliling desa yang memiliki cita-cita ingi jadi kepala desa. Impian ini membakar api semangatnya untuk membangun hubungan sosial lewat profesi sebagi penjual cilok.

Selama empat tahun, ia menjual Salome yang dikenal sebagi sosok yang sangat humoris, sosial dan ambisi akrabnya begitu cepat kepada siapapun. Menjadi kepala desa adalah cita-cita yang terus tumbuh dalam hatinya. Harapan ini tentu mempunyai niat membangun desa yang lebih baik ke depannya.

"InsyaAllah penjual Salome akan jadi kepala desa," serunya saat ditemui di pangkalan jualannya (13/4) lalu.

Menurutnya, menjadi kepala desa tidak semudah yang dipikirkan, perlu perjuangan dan pengorbanan yang menguras energi dan materi. Namun, ia meyakini bahwa pemuda harus menjadi garda terdepan mengambil bagian dalam membangun desa dan sosok pemuda menjadi harapan masyarakat luas. Keinginan ini akan dibuktikan sepuluh tahun mendatang.

 

Baca Juga :


"Jikan nanti terpilih menjadi kepala desa, saya akan pergi lantik dengan menggunakan motor rombong jualan," imbuh sarjana pendidikan islam tersebut.

Selain itu juga, dari hasil jualannya, ia telah berhasil menikahi seorang gadis cantik dari desa tetangga dan membeli sepetak tanah untuk kehidupan keluarga kecilnya. Semua keuntungan yang didapat tidak terlepas dari racikan tangan terampil dari setiap Salamo yang dinikmati oleh banyak orang. Tidak hanya itu, sifat humoris serta keakraban yang selalu ditawarkan menjadi keunikan tersendiri. 

Sehingga rasa nikmat dari Salome-nya hampir dirasakan oleh semua lidah masyarakat Desa O'o khususnya. Maka tak heran ditempat mangkalnya selalu dikerumuni banyak orang dengan sentuhan  slogan "Maniskan Bibir Anda Dengan Salome O'o".

Selain menjual Salome, ia juga sedang mengabdi di salah satu kantor dinas yang ada di Kabupaten Dompu dan sebelumnya pernah mengabdi menjadi seorang guru honorer di Pulau Sumba, NTT sekitar  satu tahun lamanya, pada akhirnya memutuskan kembali ke kampung halaman menjadi penjual Salome sejati. (Man-Tim Media)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan