logoblog

Cari

Baiq Jahfania Ingin Harumkan NTB Tingkat Dunia

Baiq Jahfania Ingin Harumkan NTB Tingkat Dunia

Berawal dari hobi dan kecintaannya pada dunia olahraga. Khususnya panjat tebing dan taekwondo, membawa gadis cilik bernama lengkap Baiq Jahfania Awali

Sosok Inspiratif

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
30 April, 2019 12:33:39
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 442 Kali

Berawal dari hobi dan kecintaannya pada dunia olahraga. Khususnya panjat tebing dan taekwondo, membawa gadis cilik bernama lengkap Baiq Jahfania Awali (12), berhasil meraih segudang prestasi membanggakan. Salah satunya adalah pernah meraih juara 1 panjat tebing se- kota Mataram. 

Bakat memanjat yang dimiliki gadis cilik yang akrab disapa fani tersebut sudah muncul saat baru masuk Sekolah Dasar (SD). Bahkan pada usia yang masih sangat muda yakni 7 tahun, Fani sudah berhasil masuk 10 besar Kejuaraan Nasional (kejurnas) panjat tebing untuk kelompok Umur ke VIII di Mataram tahun 2013. 

"Itu kejuaraan pertama yang pernah saya ikuti,"terang Fani di Mataram, Rabu (23/04). 

Untuk olahraga panjat tebing Fani memang jagonya. Meski tergolong masih anak-anak, namun kemampuannya dalam memanjat tidak diragukan lagi. Beberapa prestasi yang pernah diraih dalam memanjat antara lain, juara II spider kids kejuaraan panjat tebing bupati cup Lotim tahun 2014, juara I panjat tebing se-kota Mataram pada tahun 2016, Juara 1 Popjar se NTB 2018 digelanggang pemuda Mataram.

Tidak hanya berprestasi di tingkat provinsi. Namun juga di tingkat nasional antara lain, berhasil masuk final kejuaraan nasional panjat tebing yang digelar di sawah lunto Padang tahun 2017 dan juara V boldering competisi under 12th Zaenal Tayeb cup 3 di Legian Kuta Bali 2018. 

"Untuk tahun ini lagi persiapan kejuaraan nasional untuk panjat tebing di Kalimantan Selatan bulan Juli,"tambah siswi kelas VI SDN 09 Ampenan itu. 

Selain itu, tidak hanya berbakat dalam olahraga panjat tebing. Anak pertama dari 3 bersaudara putri pasangan Sri intani Pranoto Dewi dan Lalu Ali Taufan tersebut juga sangat lihai dalam olahraga taekwondo. Terbukti dengan beberapa prestasi yang berhasil diraih diantaranya, juara I internasional competisi kyourugi pemula Putri di Bali 2017, juara 1 Try Out taekwondo Nusa Alam Lombok dan juara 1 taekwondo Lombok Sumbawa 2018 di GOR turida Mataram. 

"Kalau taekwondo ini baru 2 tahun lalu di tekuni,"ujarnya. 

Kesukaannya dalam memanjat dan taekwondo lanjut Fani, karena sama- sama saling melengkapi."Di taekwondo butuh speed, di manjat juga butuh, dan semua saling melengkapi," terangnya.

 

Baca Juga :


Sementara itu, menurut Lalu Ali Taufan Ayah Fani, meski kerap mengikuti beberapa kompetisi. Tidak lantas membuat Fani mengesampingkan pendidikan formalnya. Buktinya gadis cilik yang sedikit pemalu ini selalu masuk 10 besar juara kelas. 

"Kalau mengganggu sekolah, saya lihat sih tidak pernah. Justru setelah latihan baik manjat atau taekwondo malah jadi lebih konsentrasi tinggi,"ujarnya. 

Latihan untuk kedua olahraga tersebut, Fani biasanya memiliki jadwal tersendiri sehingga tidak mengganggu waktu belajar di sekolah. "Kalau taekwondo kan latihan nya Jum'at sama Minggu di SMA 7 Mataram di dojang wolf team, kalau manjat biasanya di hari Senin sampai Kamis," tambah Ali.

Meski tergolong olahraga ekstrim. Kedua orang tua tidak pernah melarang Fani untuk tetap menjalani hobinya memanjat dan taekwondo. Justru dukungan terbesar datang dari kedua orang tuanya. 

"Kami sebagai orang tua hanya bertugas mengarahkan dan memberi dukungan. Alhamdulillah dari olahraga ini, Fani bisa kesana kesini," tambahnya.

Saat ini Fani tengah fokus menjalani ujian sekolah dasar. Rencananya jika lulus dari SD. Ia akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) 13, 15 atau SMP 6 Mataram."Karena itu setahu saya yang memberi dispensasi klo Fani ada kejuaraan di luar,"imbuhnya. 

Kedepannya, Fani berharap bisa terus memberikan prestasi membanggakan khususnya untuk NTB."Semoga kedepan bisa mengharumkan nama NTB, tidak hanya nasional namun juga internasional," pungkasnya. (Luk- tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan