logoblog

Cari

Tekad Yang Kuat Dari Penjuru Utara Lombok

Tekad Yang Kuat Dari Penjuru Utara Lombok

Seorang mahasiswa Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram yang berasal dari Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Yang bernama Lalu Husnul Hidayat

Sosok Inspiratif

Ahmad Fadli Robby
Oleh Ahmad Fadli Robby
11 November, 2018 07:47:20
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 4641 Kali

Seorang mahasiswa Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram yang berasal dari Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Namanya adalah Lalu Husnul Hidayat dan biasa dipanggil Husnul. Jika dilihat dari IPK yang didapat, mungkin dia itu seseorang yang tidak begitu pandai. Walaupun berasal dari keluarga yang kurang berada, akan tetapi dia memiliki kemauan yang keras dalam menuntut ilmu. Disamping sebagai mahasiswa, dia juga aktif dalam kegiatan organisasi kampus. Jiwa kepemimpinan yang tinggi, sehingga dia juga dipercaya sebagai Ketua Organisasi kampus, yaitu Himpunan Mahasiswa Farmasi Unram.

Gambar 1. (Kiri: Wakil Rektor, kanan : Lalu Husnul Hidayat)

Pada 5 Agustus 2018 yang lalu, teringat kejadian gempa bumi 7.0 SR yang melanda Pulau Lombok. Lombok Utara adalah salah satu kabupaten yang terdampak paling parah, termasuk Pemenang salah satu kecamatan di Lombok Utara. Sebagian besar rumah disana rata dengan tanah, rusak berat, dan tidak layak huni. Termasuk rumahnya Husnul. Pada malam kejadian gempa, Husnul juga terkena reruntuhan tembok yang menghantam punggungnya hingga memar.

Gambar 2. Kondisi rumah Husnul pasca gempa

Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, Husnul adalah orang yang memiliki kemuan yang besar dalam menuntut ilmu. Pada waktu terjadi gempa sebenarnya Husnul masih sedang mengikuti Program Kuliah Semester Pendek (KSP). Seminggu setelah kejadian gempa itu, program KSP yang dilakukan di kampusnya akan dilanjutkan kembali. Dengan kondisi keluarga dan kampung halaman yang mengalami musibah seperti itu tidak mematahkan semangat Husnul dalam menuntut Ilmu, dia tetap mengikuti program KSP. Malahan setiap harinya dia harus bolak balik Mataram-Pemenang, sungguh luar biasa.

Gambar 3. Penyaluran donasi bersama HMF Unram

Hal lain yang patut dikagumi, dibalik kondisi keluarga dan kampung halaman yang tengah bersedih. Husnul yang memang sedang menjabat sebagai ketua organisasi kampus, tidak melepas tanggung jawab yang sudah diemban. Husnul tak lewat dalam berpartisipasi untuk menjadi relawan dalam membantu saudara-saudara lain yang juga terkena dampak gempa. Dia tak pernah absen dalam menyalurkan donasi ke beberapa daerah di Lombok Utara, Lombok Timur, dan Lombok Barat bersama Organisasi kampusnya. Selain menyalurkan donasi, Husnul juga selalu ikut terlibat dalam kegiatan relawan kesehatan. Dia selalu ikut berpartisipasi di Posko Kesehatan dari Fakultas Kedokteran Unram maupun Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

 

Baca Juga :


Gambar 4. Suasana posko kesehatan FK Unram di Kerandangan

“Dibalik musibah pasti ada hikmahnya” itulah pesan dan bukti nyata yang bisa kita ambil dari cerita ini. Dibalik lelah, usaha serta musibah yang menimpa dia. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEKDIKTI) menjanjikan akan memberikan beasiswa kepada korban gempa Lombok. Melalui program tersebut, Husnul yang awalnya tidak pernah mendapat kesempatan dalam mendaftar beasiswa akhirnya mendapat beasiswa, sungguh suatu hikmah yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Semoga cerita ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang dan percayalah bahwa di balik musibah itu pasti ada hikmahnya.

 

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan