logoblog

Cari

Tutup Iklan

Harry Sunaryo Pembuat Bak Sampah Otomatis

Harry Sunaryo Pembuat Bak Sampah Otomatis

KM. Pohgading Timur – Harry Sunaryo adalah salah satu pemuda kreatif yang mewakili Provisi Nusa Tenggara Barat dalam pemilihan pemuda pelopor

Sosok Inspiratif

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
12 Oktober, 2018 22:47:32
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 2669 Kali

KM. Pohgading Timur – Harry Sunaryo adalah salah satu pemuda kreatif yang mewakili Provisi Nusa Tenggara Barat dalam pemilihan pemuda pelopor Nasional tahun ini yang akan dilaksanakan di Fave Hotel, besok tanggal 15-18 oktober 2018, kegiatan penilaian terakhir setelah juara satu di penjurian kabupaten dan provinsi serta dikunjungi secara langsung oleh panitia pemuda pelopor yang di utus oleh mentri pemuda dan olahraga.

Munculnya keperihatinan melihat problematika yang ada dimasyarakat pada umumnya dan khususnya para pemuda pemudi, telah membuka mata saya untuk ikut berpikir menemukan solusi atas permasalahannya. Tingginya kemisikinan menyebabkan banyaknya pengangguran.

Kualitas cara berpikir yang rendah dan kurangnya wawasan yang dimiliki, juga merupakan warna permasalahan para pemuda-pemudi yang harus segera diselesaikan. Oleh karena itu, membangun kesadaran akan pentingnya kualitas hidup dan kemandirian ekonomi para pemuda-pemudi merupakan landasan strategis yang menjadi pemikiran untuk dilakukan, ini yang melatar belakangi kegiatan harry sunaryo si pembuat baksampah otomatis.

Cara kerja bak sampah otomatis ini sederhana ketika kita akan membuang sampah tutup bak sampah ini akan membuka dirinya secara otomatis yang di lengkapi dengan alat sensor ultrasonik yang membaca hasil pantulan gelombang yang menghalanginya. jika gelombang dalam jarak tetentu maka penutup bak sampah akan menutup dan sebaliknya jika tidak ada yang menghalnginya penutup bak sampah akan tetutup. Bak Sampah otomatis ini akan menyensor orang yang akan mendekatinya dan membuah sampah pada bak sampah tersebut.

Pada awal kegiatan kepeloporan yang harry lakukan ini, tampak masyarakat kurang yakin dengan kegiatan harry. Bahkan, kegiatan harry ini sering kali dipandang sebagai usaha yang sia-sia dan kurang kerjaan dan tak jarang juga dianggap negatif. Mengubah pola pikir para pemuda-pemudi untuk meyakini para pemuda-pemudi bahwa hidup ini bukan sekedar untuk makan, tidur dan nganggur merupakan permasalahan awal yang berat untuk saya hadapi.. Disamping itu, rasa pesimis dan tidak yakin masyarakat terhadap ajakan saya dengan keuntungan-keuntungan dari perkembangan Teknologi merupakan kendala dalam mengembangkan kegiatan ini.

Harry sangat menyadari prisip budaya yang telah melekat pada masyarakat saya. Bagi masyarakat saya, bukti merupakan hal yang paling penting untuk dapat meyakini sesuatu. Sehingga, dalam masyarakat saya memegangg ungkapan yang berbunyi “Bagus te pete bagus te deit, lenge te pete llenge te deit.”.

 

Baca Juga :


Dengan penuh keyakinan, saya terus berusaha mewujudkan keinginan saya. Sehingga, langkah yang harry lakukan untuk dapat meyakinkan masyarakat di desanya adalah dengan cara :

  1. Melakukan pendekatan pada tema-teman terdekat   pemahaman tentang keuntungan perkembangan teknologi.
  2. Memberikan bukti dengan hasil-hasil nyata yang harry dapat dari Perkembangan Teknologi yaitu membuat baksampah otomatis, dan
  3. Membuat produk-produk yang berguna dalam kebudayaan dan pendidikan yang kemudian harry sosialisasikan.

Apa yang dilakukan tidak semudah membalik telapak tangan karena harry mendapat kendala baik dari masyarakat maun dari teman-teman pemudanya, jika harry akan berpatokan dari sana maka harry pasti tidak bisa berhasil seperti saat ini menjadi perwakilan provinsi nusa tenggara barat dalam ajang bergengsi pemilihan pemuda pelopor nasional. 

Bukan hanya membuat tong sampah otomatis saja akan tetapi harry juga membuat mesin air otomatis berbasis arduino bekerja dengan cara menggunakan sensor waterlevel, waterlevel tersebut akan membaca sentuhan air pada penampungan apabila penampung air sudah penuh dan akan mengirim sinyal ke arduino untuk mematikan relay yang menyebabkan mesin air mati secara otomatis. Jika Menggunakan alat ini maka tidak ada pembuangan air. Banyak membuat aplikasi yang sudah masuk di play store seperti Ensiklopedia Sasak, Kamus Sasak dan masih banyak yang lainya pada smart phone dan penghasilnpun sudah didapatkan dari hasil jerih payahnya tersebut.

By: Badri_asa



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan