logoblog

Cari

Tutup Iklan

Samsul “Jendral Lapangan” Bagi Kampungnya

Samsul “Jendral Lapangan” Bagi Kampungnya

Namanya Samsul dari Dusun Batukliang Lombok Tengah, Ia disebut 'Jendral Lapangan' bagi masyarakat kampungnya. Setiap hari Samsul mengorganisir tetangganya untuk bergotongroyong

Sosok Inspiratif

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
07 September, 2018 10:57:51
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 1207 Kali

Namanya Samsul dari Dusun Batukliang Lombok Tengah, Ia disebut 'Jendral Lapangan' bagi masyarakat kampungnya. Setiap hari Samsul mengorganisir tetangganya untuk bergotongroyong membersihkan puing-puing rumah mereka dan membangun huntara dari bahan yang bisa digunakan.

Samsul ini disemangati oleh Babinsa setempat. Diajari bagaimana menyemangati pasukannya, mengatur alat alat kerjanya agar tidak hilang dan tidak berceceran, belajar mengorganisir. 30 menit diajarin sudah bisa sendiri.  Sampai kemudian disebut ''Jendral Lapangan''.

Dengan keterbatasan fisik yang Ia miliki tidak menjadi hambatan bisa berbuat lebih kepada masyarakat yang terkena dampak musibah gempa bumi.  Ia mampu menjadi 'Jendral Lapangan' tidak cengeng dan tidak mengeluh melulu menunggu bantuan dari orang lain.

Jika Samsul bisa, lantas mengapa yang lain tidak bisa?

Upaya ini sekarang bergulir seperti bola salju. Masyarakat di desa sebelahnya juga jadi terinspirasi untuk ikut gotong royong membersihkan puing puing rumah mereka. Ikut membangun huntara dari bahan yang bisa digunakan kembali. 

 

Baca Juga :


Tentu saja tidak menggunakan biaya dengan gerakan gotong royong. Dibandingkan mereka harus membayar 50 ribu per-orang  untuk membersihkan puing. 

Menunggu sampai pasukan tentara sampai di lokasi dusun mereka. Hal itu akan menunggu waktu lama sampai kapan mereka akan akan tidur di pengungsian. Karenanya mereka berinisiatif untuk membangun huntara melalui gerakan gotong-royong.

Apa yang dilakukan Samsul merupakan  sosok yang patut dicontohi. Ia mampu menyemangati dan menginspirasi para korban gempa lainnya untuk terus bangkit,  mandiri,  bekerja secara gotong-royong tanpa menunggu bantuan orang lain.  



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan