logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sumiani, Satu-Satunya Kadus Perempuan di Lombok Barat.

Sumiani, Satu-Satunya Kadus Perempuan di Lombok Barat.

I KOMANG SUMIANI,SATU-SATUNYA KADUS PEREMPUAN DI LOMBOK BARAT. (Sekotong Tengah KIM).Komang Sumiani,SKM, Demikianlah nama Kepala Dusun Lendang Guar Timur Desa Kedaro

Sosok Inspiratif

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
20 Juli, 2018 16:05:10
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 2244 Kali

(Sekotong Tengah KIM). Komang Sumiani,SKM, Demikianlah nama Kepala Dusun Lendang Guar Timur Desa Kedaro Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.Sejak dilantik sebagai kepala dusun pada mei 2018,Komang Sumiani merupakan satu satunya kadus dari kaum perempuan di Kecamatan Sekotong bahkan di Kabupaten Lombok Barat.

 

Pada awalnya, Komang merasa minder untuk mengikuti seleksi perangkat desa unsure kewilayahan di desanya,namun berkat dorongan keluarga dan niat untuk memotivasi kaum perempuan di Desa Kedaro ,bahwa perempuan punya hak yang sama dengan kaum laki-laki dalam berbagai bidang.

“Pada awal ikut tes seleksi,saya sempat tanya sama panitia.Bisa enggak cewek ikut jadi calon,ternyata bisa,saya lihat lihat dulu, apakah ada di dusun saya yang mau mencalonkan diri jadi kadus.Karena tidak ada, akhirnya saya ikut mendaftar”.Cerita Ibu kadus kelahiran tahun 1993 ini kepada kim, saat berkunjung kerumahnya di Dusun Lendang Guar Timur Desa Kedaro Kecamatan Sekotong.Minggu (07/07/2018).

Ibu Kadus Komang Sumiani,SKM merupakan anak ke- 8 dari Sembilan bersaudara.Menamatkan pendidikan dasar di SDN 1 Kedaro,selanjutnya SLTPN 1 Gerung tamat tahun 2010 ,dan SMA 2 Gerung tamat tahun 2012, serta melanjutkan perkuliahan di Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB), selesai tahun 2017.

Sebagai seorang pemimpin di tengah dominasi laki-laki di Dusun Lendang Guar Timur, dengan mayoritas pendudunya beragama hindu, tentu menjadi sebuah tantangan baginya.Namun dengan membangun komunikasi yang baik,Kadus yang masih single ini mampu mengatasi setiap hambatan yang di laluinya.

“Intinya adalah pada komunikasi yang baik,saya kalau bersama tokoh-tokoh yang ada disini selalu minta pelajaran.Kalau saya salah,saya minta agar di ingatkan,dan para tokoh di Dusun Lendang Guar Timur dapat menerima keberdaan saya dengan baik”.Ungkap kadus yang kesehariannya ikut membantu sang kakak, membuka praktek pengobatan di Desa Kedaro ini.

 

Baca Juga :


Dengan prinsip ihlas di dalam mengerjakan apapun yang menjadi tugasnya.Komang, mampu mempunyai kiprah yang patut di acungi jempol, sebagaimana yang di sampaiakan oleh Kepala Desa Kedaro,Lalu Guntur Hamzanwadi,S.Pd ,saat memberikan penilaian terhadap kinerja sang kepala dusun.

“Saya melihat ada sesuatu yang luar biasa, karena dia perempuan,masih muda dan sangat potensial.Kenapa Potensial, karena dia berani andil dalam segala hal di dusunnya,meskipun beda agama tetapi dalam pergaulan tidak membeda-bedakan diri,”Kata Lalu Guntur .”Di samping itu juga” lanjut Guntur,”Dusun yang di pimpinnya termasuk sangat inovativ, karena dia berani membuat awik-awik gubug,dan dalam hal kamtibmas, Dusun Lendang Guar Timur sangat kondusif”.Puji sang kades, yang menurut kabar akan ikut berlaga di pileg tahun 2019, melalui Dapil 2 Sekotong-Lembar.

Dengan tampilnya Komang Sumiani,SKM sebagai kadus perempuan satu-satunya di Kecamatan Sekotong, tentunya menjadi catatan sejarah tentang mulai adanya peranan gender di Kecamatan Sekotong. Sebab hingga saat ini,di Sembilan desa Se- Kecamatan Sekotong,belum pernah ada satupun perempuan yang mencalonkan diri sebagai kepala desa.(sid).

 



 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan