logoblog

Cari

Tutup Iklan

Roslinda BERSAMA Kesetaraan Gender di Dompu

Roslinda BERSAMA Kesetaraan Gender di Dompu

Sejak tahun 1985 hingga 2017, konsistensi serta eksistensi Roslinda sebagai seorang guru terbukti dalam mengabdikan dirinya sebagai guru di Dompu. Kini,

Sosok Inspiratif

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
17 Juli, 2018 11:42:38
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 4165 Kali

Sejak tahun 1985 hingga 2017, konsistensi serta eksistensi Roslinda sebagai seorang guru terbukti dalam mengabdikan dirinya di Dompu. Kini, Roslinda memangku tanggungjawab sebagai Kepala Sekolah di SDN 28 Dompu. Kecintaannya pada bidang pendidikan tidak terbatas di sekolah saja, dia melihat banyak diluar lingkugan sekolah yang dapat memajukan pendidikan.

Roslinda mengakui bahkan meyakini bahwa perempuan merupakan patokan dalam mengembangkan potensi pendidikan yang berkarakter seperti apa yang dilakukan oleh R.A Kartini pada jamannya.

“Berkarakter dalam arti peduli, jujur, santun dan berjiwa gotong royong. Jangan sampai pekerjaan hanya dapat dikerjakan oleh laki-laki seperti jaman dahulu. Perempuan juga harus ambil bagian dalam melaksanakan tugas mendorong pendidikan yang berkarakter,” ungkap Roslinda.

Menurut Roslinda, perempuan harus berkompetensi, profesional, berintegritas, dan beramanah dalam melaksakan tugasnya, meskipun jumlah guru perempuan dan laki-laki belum berimbang, akan tetapi tetap bias didorong menyamaratakan peran siswa perempuan dan laki-laki dalam praktik pembelajaran di kelas. Apa yang disampaikannya itu telah dilakukannya pada sekolah tempat dia mengabdi.

“Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, para guru harus bisa membagi rata porsi murid laki-laki dan perempuan, misalnya dalam kelompok diskusi, jumlahnya harus berimbang dan masing-masing dari mereka harus diberi kesempatan berpendapat yang sama,” cetus janda tiga orang anak ini.

 

Baca Juga :


Untuk mengembangkan kepeduliannya terhadap kesetaraan gender dalam dunia pendidikan di Dompu ini, saat ini Rosalinda telah bergabung dengan INOVASI sebagai Fasilitator Daerah (Fasda) Dompu. Dia ikut mengembangkan program rintisan INOVASI yang disebut Belajar di Sekolah dan Masyarakat (BERSAMA)

Seperti yang diketahui, INOVASI hadir untuk menekankan pada solusi lokal untuk masalah lokal, di mana program rintisan yang dijalankan di setiap Kabupaten mitra swalah satunya Kabupaten Dompu disesuaikan dengan tantangan lokal. []



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan