logoblog

Cari

Tutup Iklan

Demi Ibu, Mahasiswa Unram Tinggalkan Jurusan Yang Diimpikan

Demi Ibu, Mahasiswa Unram Tinggalkan Jurusan Yang Diimpikan

Diterima di jurusan yang merupakan impian kita adalah suatu kebanggaan tersendiri. Begitupun yang dirasakan oleh Rozidi pemuda kelahiran Gawah Malang, 07

Sosok Inspiratif

Rozidi Nasri
Oleh Rozidi Nasri
12 Juli, 2018 21:33:09
Sosok Inspiratif
Komentar: 2
Dibaca: 4828 Kali

Diterima di jurusan yang merupakan impian kita adalah suatu kebanggaan tersendiri. Begitupun yang dirasakan oleh Rozidi pemuda kelahiran Gawah Malang, 07 September 1996 itu. Pemuda yang akarap disapa Rozi asal lombok Timur tersebut lulus dari sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu SMK pelosok di Lombok timur, tepatnya di Mekar Sari Kec. Pringgasela (SMK NW Benteng). Lahir dari keluarga yang kelas ekonomi menengah tidak menyurutkan mimpinya untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Tahun 2015 merupakan tahun yang paling bersejarah bagi Rozi, ia diterima di salah satu universitas ternama di Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Uiversitas Mataram (UNRAM) program studi Agribisni  Reguler Sore Fakultas Pertanian. Sejak duduk di bangku sekolah anak muda itu bercita-cita untuk menjadi enterpreneur muda dibidang pertanian. Untuk mewujudkan mimpinya tersebut ia kemudian bertekad untuk melanjutkan studi dan diterima di jurusan yang ia impi-impikan.

“saya tidak menyangka saya bisa melanjutkan pendidikan sampai tingkat perguruan tingi, karena belum ada satupun dari keluarga saya yang pernah melanjutkan pendidikan sampai ke tingkat perkuliahan” tuturnya. Rozidi merupakan orang pertama yang dari dusunnya (Gawah Malang) yang diterima dan kuliah di UNRAM. “saya sangat bangga dan bersykur karena saya adalah orang pertama yang bisa diterima dan melanjutkan kuliah di kampus besar ini” tegasnya.

Namun pada saat itu, ia diterima melalui jalur mandiri dengan program S1 Agribisnis Reguler Sore. Kebijakan kampus yang menerapkan SPP secara merata untuk mahasiswa Reguler Sore seakan-akan mengubur mimpi anak muda tersebut. SPP yang dikenakan per semesternya adalah 2,5 juta. Hal itu menyebabkan Rozi patah semangat karena ia berfikir bahwa orang tuanya tidak mampu membiayainya sampai ia memperoleh gelar sarjana. “setiap menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) saya selalu menangis di kamar kos saya karena saya memikirkan SPP yang sebentar lagi akan dibayarkan, saya selalu memikirkan orang tua saya yang hanya bekerja sebagai buruh tani, dengan penghasilan pas-pasan” ujarnya.

Dengan berat hati, akhirnya pada semester dua ia memutuskan untuk ikut tes pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dengan mendaftar beasiswa Bidikmisi. Kemudian ia diterima di program studi Teknik Pertanian UNRAM dan mendapat beasiswa Bidikmisi. “waktu itu, saya masih kuliah di Pertanian namun ikut SBMPTN secara diam-diam dengan harapan saya diterima dan mendapat beasiswa agar saya tetap bisa melanjutkan kuliah saya”. Ia pun menambahkan, “awalnya saya dilarang oleh teman-teman saya karena mereka memikirkan lelahnya saya yang sudah kuliah selama satu tahun, tapi menurut saya lelah saya selama satu tahun itu belum sberapa daripada lelahnya ibu saya membiayai saya dengan pembayaran yang sangat mahal”.

 

Baca Juga :


Sampai sekarang Rozi masih kuliah di jurusan barunya dengan meraih beberapa prestasi diantaranya ia mampu meraih juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun 2017, ia menjadi Mawapres 2 Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (FATEPA) tahun 2018, dan pada tahun yang sama ia terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FATEPA UNRAM.

“kuliah itu hanya butuh tekad, Semangat belajar, tetap berusaha dan jangan lupa minta do’a dari orang tua. Salah satu kebiasaan saya setiap saya berangkat ke kos adalah saya selalu mencium pipi dan kening ibu saya sembari mengatakan : Ibu mohon do’akan saya semoga saya bisa membahagiakan ibu”. Tutur anak muda itu.

Semoga cerita diatas dapat menginspirasi pemuda-pemuda Indonesia khususnya pemuda NTB untuk tetap berusaha meraih mimpi-mimpi besarnya.



 
Rozidi Nasri

Rozidi Nasri

Nama : rozidi Tempat tanggal lahir : Gawah malang, 07 september 1996 No. HP : 082339247697 Fb : Rozidi Nasri Email : rozidinasri@gmail.com

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. ANDI MULYAN

    ANDI MULYAN

    14 Juli, 2018

    Ayo Menulis Terus.....


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    14 Juli, 2018

    Mantap Tulian, Tetap berkarya........


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan