logoblog

Cari

Tutup Iklan

Anak Kampung Media Jadi Ketua FBI NTB

Anak Kampung Media Jadi Ketua FBI NTB

FBI adalah singkatan dari Federal Bureau Of Invrstigasion atau yang dikenal dengan Badan Penyelidik Pusat Amerika Serikat yang didirikan oleh Jaksa

Sosok Inspiratif

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
20 Juni, 2018 00:15:05
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 918 Kali

FBI adalah singkatan dari Federal Bureau Of Invrstigasion atau yang dikenal dengan Badan Penyelidik Pusat Amerika Serikat yang didirikan oleh Jaksa Agung Amerika Charles Joseph Bona Parte pada tahun 1908. Didalam organisasi itu, terdapat orang-orang (penyidik) yang berkompeten pada bidangnya. Tapi kali ini tidak ada kaitannya dengan organisasi ternama di Amerika itu. 

FBI yang satu ini adalah singkatan dari Forum Bumdes Indonesia, sebuah wadah yang dibentuk oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Dibentuknya FBI ini untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa yang ada di seluruh desa se Indonesia. 

Dalam FBI ini terdapat beberapa element seperti Kompartemen Praktisi Bumdes (Pengurus dan Pengelola Bumdes), Kompartemen Akademisi Bumdes (Peneliti, Trainer dan Konsultan Bumdes), Kompartemen Bisnis Bumdes (BUMN dan Swasta yang siap bekerjasama dengan Bumdes), Kompartemen Komunitas  Bumdes ( Lembaga Swadaya Masyarakat, Komunitas dan Kelompok Masyarakat yang peduli dengan Bumdes) dan Kompartemen Media Bumdes (Komunitas Media yang peduli Bumdes).

Pengurus koordinator FBI tingkat Provinsi telah dibentuk dan di Provinsi NTB telah dipilih seorang ketua dari kalangan Anak Kampung Media, Taufik atau yang akrab disapa Opick Manggelewa. 

Terpilihnya Opick yang kini menjabat sebagai Kepala Desa Dorokobo, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu itu setelah melalui tahap seleksi yang dilakukan oleh Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi yang dilakukan di Kota Jogjakarta beberapa waktu lalu. 

Dengan indikator keberhasilan dalam pengelolaan Bumdes. Di desanya dia berani menggelontorkan anggaran untuk  Bumdes sebesar Rp 150 juta. Yang kosentrasi penggunaannya untuk kebutuhan para petani seperti Sarana Produksi, misalnya benih, pupuk, obat-obatan, terpal dan karung. 

 

Baca Juga :


Sebagai ketua, Opick beserta ketua terpilih seluruh  Indonesia akan dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo di Padang Sumatra Barat 10 Agustus 2018 mendatang. 

"Kepengurusan adhoc FBI NTB sudah dibentuk Jumlahnya ada 5 orang dan saya sebagai ketuanya," kata Opick lembut terdengar melalui speaker Handphone. 

Kiprah Anak Kampung Media ini patut diancungi jempol, kariernya mulai menanjak setelah sukses terpilih sebagai Kades baru pada pesta Demokrasi Pilkades serentak di Kabupaten Dompu tahun 2017 lalu. 

Kini dia menjadi Ketua FBI NTB dan bercita-cita ingin menghidupkan Bumdes khususnya di Kabupaten Dompu yang keberadaannya selama hanya menghabiskan anggaran negara.



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan