logoblog

Cari

Tutup Iklan

Cara 'Manis' Menghafal Al-qur'An

Cara 'Manis' Menghafal Al-qur'An

Dewi Ummi Raihanun yang biasa disapa Dewi kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Islam Negri Mataram dan mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran.

Sosok Inspiratif

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
13 Juni, 2018 08:37:11
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 5899 Kali

Dewi Ummi Raihanun yang biasa disapa Dewi kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Islam Negri Mataram dan mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran. Gadis manis yang kini berusia 20 tahun ini juga menjabat sebagai pengurus dan guru tahfidz di Pondok Pesantren Al – Aziziyah Kapek Lombok Barat. 

Selama 6 tahun dimulai dari MTs hingga MA Dewi mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Al – Aziziyah Kapek Lombok Barat kemudian di angkat menjadi pengurus dan tahfidz. Berbagai prestasi berhasil diraih oleh Dewi ketika menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al -Aziziyah, salah satunya berhasil meraih juara 2 tingkat Kabupaten Lombok Barat dalam ajang MTQ Cabang Hafiz Al-Qur’an Golongan 5 jus dan Tilawah Putri. Selain segudang preatasi Dewi juga mendapatkan berbagai  pelajaran yang membuatnya tetap istiqomah untuk terus belajar, salah satunya menghafal Al – Quran.

Menghafal Al - Qur’an tidak semua orang bisa atau sukses melaksanakannya, butuh waktu yang panjang dan trik tersendiri agar bisa menghafal al quran.

“kita harus memiliki waktu khusus untuk Al-,Qur’an, karena Al-Qur’an tidak bisa di duakan apalagi jika tidak dilaksanakan dalam satu hari pasti akan lupa “ tutur dewi.

Dewi anak ke dua dari empat bersaudara ini memiliki trik khusus yang sering dilakukannya. Trik yang pertama dan utama adalah niat. Memasang niat agar tetap istiqomah dalam menghafal Al-Qur’an. Selanjutnya gunakan satu mushaf khusus 8 baris.

“Pondok Pesantren Al-Aziziyah menggunakan Al -Qur’an yang mushaf nya delapan baris, dalam satu jus terdapat satu lembar, jadi sebisa mungkin kita dalam satu hari menghafal satu lembar atau satu halaman” ungkap Dewi.

 

Baca Juga :


Trik selanjutnya yang sering dilakukan Dewi adalah dengan metode mendengar. Metode ini sering kali di manfaatkan dengan cara merekam suaranya agar dapat di putar secara terus menerus, namun apabila tidak membawa handphone metode yang dapat digunakan dengan cara membaca.

“Dalam satu hari saya membaca sampai 40 kali, jadi ketika di ulang kembali itu pasti akan teringat lagi, secara terus menerus saya melakukan hal tersebut “ tuturnya

Dewi yang kini sudah berhasil menghafal 25 jus meyakini metode tersebut bisa digunakan jika tetap istiqomah dan yakin pasti bisa menghafal al quran. Motivasi dalam menghafal alquran khususnya didunia maupun di akhirat.  “saya ingin membahagiakan orang tua, dengan menghafal kalam - kalam Allah Swt. “ tutupnya.(Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan