logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pejuang Pendidikan Dari Lantung

Pejuang Pendidikan Dari Lantung

KM Gempar. Maimunah seorang ibu rumah tangga kelahiran 1969 yang selama 9 tahun ini sudah merasakan asam manis berjuang mendirikan sekolah

Sosok Inspiratif

KM. Gempar
Oleh KM. Gempar
19 Juni, 2017 01:01:57
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 7336 Kali

KM Gempar. Maimunah seorang ibu rumah tangga kelahiran 1969 yang selama 9 tahun ini sudah merasakan asam manis berjuang mendirikan sekolah bagi anak anak usia dini di Kecamatan Lantung. Tak mudah baginya berada dibawah tekanan dari berbagai sisi yang ia rasakan. Namun, ia pantang mundur Sehingga kini sebuah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Lavender Lantung sudah banyak menorehkan prestasi gemilang baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten, maupun tingkat Provinsi.

2008, Maimunah yang akrab disapa Ibu Mun ini memiliki perasaan yang menggelitiknya saat ia melihat banyak anak anak yang kurang mendapat perhatian pendidikan sejak dini di Kecamatan Lantung. Lalu, pada tahun yang sama, Ibu Mun mencoba mendirikan sebuah Taman Kanak kanak. Ibu Mun mengumpulkan anak anak untuk belajar sambil bermain yang memanfaatkan kolong rumah panggung yang dimilikinya sebagai tempat melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Aksi Ibu Mun terbilang nekat. Kala itu TK yang ia dirikan tidak memiliki lembaga naungan dah bahkan sesekali mendapat cemooh dari berbagai pihak. Dengan semangatnya, Ibu Mun tidak pernah putus asa dan Ibu Mun bersama dua orang temannya yang mendukung keberadaan Taman Kanak kanak tersebut terus berupaya melegalkan.

Berselang beberapa bulan kemudian, Ibu Mun mendirikan sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM Taruna Balong) sebagai lembaga tempat bernaungnya Taman Kanak kanak yang ia rintis dan selanjudnya diberi nama "PAUD LAVENDER". Kata Lavender sendiri memiliki makna tersendiri bagi Ibu Mun yaitu "Lantung Penuh Derita". Baru pada tahun 2017 ini ketika Iwan Sofian hijrah dari Alas Barat menjadi Camat Kecamatan Lantung dengan program "Lantung Berbenah", maka PAUD Lavender pun mulai difilosofikan sebagai bunga yang membawa keharuman khas.

Setelah memiliki Lembaga tempat bernaung, Ibu dua anak yang meraih penghargaan kedua tingkat Provinsi kategori Keluarga Berencana (KB) Lestari terbaik dan penghargaan terbaik pertama tingkat Kabupaten Sumbawa ini mulai berfikir untuk memiliki local sendiri untuk lebih memantapkan Paud Lavender. selanjudnya, pada tahun 2014 Ibu Mun mendapat lencana penghargaan sebagai salah satu pendiri PAUD dari Tim Amerika yang datang ke Sumbawa. Selain itu, Ibu Mun juga mendapat kepercayaan untuk mengikuti study banding ke kota kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. berbekal pengetahuan yang cukup, kini Ibu Mun sudah memiliki 7 tenaga pendidik yang dibina untuk membekali anak anak Lantung dengan pendidikan sejak dini.

Baca Juga :


Pada 17 Juni 2017 kemarin, untuk ke lima kalinya PAUD Lavender Lantung mewisudakan 25 peserta didiknya yang berpusat di Aimual Kampung Pelangi Desa Kuliner Kecamatan Lantung. Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di Kecamatan Lantung, PAUD Lavender turut mengambil andil dalam menyukseskan program Lantung Berbenah dalam mendorong kemandirian Masyarakat Lantung melalui pengembangan pariwisata berkelanjutan dari sektor pendidikan.

Belajar dari perjuangannya, Ibu Mun mengatakan kita akan berhasil meraih apapun asalkan kita gigih dan bersungguh sungguh. "Untuk memperjuangkan ini memang tidak mudah, tapi bukan mustahil," Ujar Ibu yang hanya Tamatan SMA ini. ***Ryan Muammar () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan