logoblog

Cari

Berjuang Demi Kakek dan Nenek

Berjuang Demi Kakek dan Nenek

Jika sebagian besar Anak Indonesia tengah menikmati indahnya hidup bersama keluarga yang utuh, sekolah yang baik, teman yang banyak serta kebutuhan

Sosok Inspiratif

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
05 Oktober, 2016 11:51:55
Sosok Inspiratif
Komentar: 1
Dibaca: 12797 Kali

Jika sebagian besar Anak Indonesia tengah menikmati indahnya hidup bersama keluarga yang utuh, sekolah yang baik, teman yang banyak serta kebutuhan ekonomi yang berkecukupan, maka beda halnya dengan yang dirasakan oleh Muhammad, bocah berumur 12 tahun asal Lingkungan Pelita, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Bocah ini harus berjuang untuk membantu ekonomi keluarganya dengan cara menjual belut keliling.

Muhammad, tidak lagi menikmati bangku sekolah, indahnya bermain bersama teman kelas karena sejak dua tahun lalu, Muhammad harus putus sekolah. Bukan tanpa alasan Muhammad ingin berhenti sekolah, perlengkapan sekolah Muhammad hanyut dibawah oleh banjir yang terjadi dua tahun lalu di Kabupaten Dompu. Sejak saat itulah Muhammad memutuskan untuk tidak lagi bersekolah, karena tidak ada biaya untuk membeli perlengkapan sekolah.

Sejak ditinggalkan oleh orang tuanya, Ayah nya sudah meninggalkan dunia dan ibu nya menikah lagi, Muhammad memutuskan untuk tinggal bersama Kakek dan Neneknya di gubuk tua yang tidak layak huni di tepi sungai persawahan warga Pelita. Kehidupan Muhammad bersama Kakek dan Nenek nya terbilang sangat sederhana, karena tidak memiliki pendapatan ekonomi yang cukup.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Muhammad menjual belut keliling di seputaran Kota Dompu. Belut yang dijual Muhammad merupakan hasil pencariannya bersama orang yang sering mengajaknya mencari belut. Harga yang dibandrol Muhammad untuk satu kantong plastik belut, sebesar Rp 10 ribu saja. Dalam satu hari, Muhammad mampu menjual belutnya 4 hingga 6 kantong plastik. Itupun tidak setiap hari ada pembeli. Menjual belut sudah dua tahun Muhammad lakukan. Setiap harinya, pagi hingga sore hari Muhammad menjual belut, sementara waktu sorenya, Muhammad manfaatkan untuk mencari belut hingga malam.

Atas kegigihan dan ketangguhannya sebagai bocah yang berumur belasan tahun dalam mencari nafkah untuk menghidupi keluarga, Muhammad saat ini tengah ramai dibicarakan oleh netizen di Kabupaten Dompu khususnya pengguna media sosial facebook sejak diposting oleh salah seorang warga Dompu aktifitas Muhammad saat berjualan.

 

Baca Juga :


Komentar dan tanggapan positif pun didapatkan Muhammad, banyak netizen dermawan yang berkeinginan untuk membantu Muhammad untuk bisa sekolah kembali. Bantuan seragam sekolah baru maupun yang masih layak pakai diberikan kepada Muhammad, dengan harapan agar Muhammad bisa kembali ke sekolah dan menikmati pendidikan selayaknya anak yang merupakan generasi penerus bangsa. () -03

 



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM. Sukamulia

    KM. Sukamulia

    06 Oktober, 2016

    Luar biasa, saya salut atas perjuangan hidup Muhammad, semoga anak ini tersu termotivasi untuk berjuang demi kehidupannya di masa mendatang, semoga pula Muhammad dijadikan sebagai tauladan oleh anak-anak Indonesia lainnya. Salut juga bagi penulisnya, terus berkarya dan salam dari kampung.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan