logoblog

Cari

Tutup Iklan

Perempuan Pencuci Sepeda Motor

Perempuan Pencuci Sepeda Motor

  Pada zaman dulu, perempuan hanya diperbolehkan untuk tinggal di dalam rumah saja. Mereka hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, yang mana

Sosok Inspiratif

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
20 Mei, 2016 23:29:29
Sosok Inspiratif
Komentar: 2
Dibaca: 12872 Kali

 

Pada zaman dulu, perempuan hanya diperbolehkan untuk tinggal di dalam rumah saja. Mereka hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, yang mana tugasnya melayani suami, mengasuh anak, menyiapkan makanan, membersihkan rumah, mencuci pakaian,dan lain sebagainya. Begitupun juga sang suami bertugas untuk mencari nafkah di luar dan melindungi keluarga. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, kini  perempuan mendapat kesempatan bekerja di luar untuk membantu suami atau mencari nafkah dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

Kesetaraan perempuan dengan laki-laki dalam mencari nafkah di luar, tentu memiliki arti yang sangat penting dalam menghidupkan kesejahteraan keluarga. Adanya kebersamaan antara sang isteri dengan sang suami untuk mencari rezeki di luar, tentu kuantitas penghasilan mereka lebih tinggi jika dibandingkan dengan penghasilan rumah tangga yang hanya bersumber dari satu pihak, yaitu dari sang suami. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa tetap saja laki-laki yang bertindak sebagai kepala keluarga. Terkecuali pada sebuah keluarga yang suaminya telah pergi atau meninggal dunia, perempuan pun berhak untuk memimpin anggota keluarganya.

Keberhasilan gender dalam penyetaraan hidup berumah tangga, tentu hal ini sudah menjadikenyataanhidupyang tidak bias dipungkiri lagi. Kini, banyaknya pasangan suami isteri yang sibuk bekerja di luar demi untuk mensejahterakan rumah tangga. Bekerja sebagai pengusaha, menjadi seorang guru atau bertugas di bagian kesehatan adalah suatu profesi yang sudah membudaya pada kehidupan masyarakat di Negara kita Indonesia.Dalam hal ini dapat ditekuni oleh kaum laki-laki dan kaum perempuan.

Berbagai jenis pekerjaan yang awalnya hanya ditekuni oleh kaum laki-laki, namun kini sanggup dikerjakan oleh kaum perempuan. Profesi sebagai petugas keamanan, yakni tentara, polisi adalah suatu profesi yang dulunya hanya diperuntukkan untuk laki-laki, tapi kini pun kaum perempuan diberikan kesempatan untuk memasuki dunia kerja di bidang keamanan tersebut.

Pekerjaan kasar; seperti buruh tani, buruh pabrik, dan buruh   bangunan dan lain sebagainya sangat banyak diminati dan ditekuni oleh kaum perempuan. Bahkan beberapa jenis pekerjaan lain yang kini mulai ramai digeluti oleh kaum perempuan  adalah diantaranya bekerja sebagai petugas pertamina di berbagai POM bensin, jadi montir di sebuah bengkel mobil atau beroda dua. Selain itu, salah satu jenis pekerjaan yang awalnya hanya dikerjakan oleh kaum laki-laki, namun kini mulai di kerjakan oleh kaum perempuan adalah bekerja sebagai pencuci sepeda motor, dan kini dapat ditemukan di berbagai wilayah perkotaan atau di pedesaan.

Sebuah tempat pencucian sepeda motor yang terletak di Desa Gerimax Indah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat adalah contoh dari usaha di bidang jasah yang mempekerjakan tenaga perempuan. Usaha tersebut berada di pinggir jalan raya besar, yaitu di jalur propensi Narmada menuju Kota Mataram. Usaha jasah ini berdiri sejak dua tahun lalu, dan dirintis oleh seorang perempuan yang bernama IbuHajah.

Ibu Hajah yang kini usianya memasuki 58 tahun mengawali usaha pencucian seteam kendaraan di saat penghasilan dari sang suami mengalami ketidak stabilan dalam mencukupi kebutuhan hidup. Ibu Hajah pun tidak tinggal diam. Dari sinilah seorang Ibu Hajah berpikir dan memutar otak untuk mencari cara agar bias mendapatkan penghasilan yang lebih agar dapat memperbaiki kesejahteraan hidup bersama keluarganya.

Ibu Hajah juga bertutur bahwa walaupun dua orang anaknya sudah berkeluarga dan mampu hidup dengan layak, namun dirinya tetap harus berusaha untuk mencari nafkah bersama sang suami, apalagi masih ada dua orang anaknya yang masih dalam tanggungan.