logoblog

Cari

Bersinar Sepanjang Zaman

Bersinar Sepanjang Zaman

Kita pasti kenal dengan tokoh besar Islam Abu Bakar as-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Sosok Inspiratif

KM. Taliwang
Oleh KM. Taliwang
20 Juni, 2015 08:37:34
Sosok Inspiratif
Komentar: 0
Dibaca: 10230 Kali

Kita pasti kenal dengan tokoh besar Islam Abu Bakar as-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Dalam sejarah Islam, keempat tokoh ini merupakan binaan atau kader langsung Rasulullah SAW. Dibawah binaan beliau, tokoh-tokoh ini menjelma menjadi bintang sepanjang zaman yang selalu dikenang dan diteladani sepanjang zaman.

Saya mulai dari Abu Bakar as-Shiddiq. Beliau merupakan orang pertama yang masuk Islam. Gelar as-Shiddiq yang dianegerahi kepadanya bukan isapan jempol. Pasalnya, Abu Bakar as-Shiddiq percaya seratus persen dengan kerasulan Nabi Muhammad SAW. Beliau juga sangat dermawan. Seluruh hartanya diinfakkan untuk kepentingan Islam.

Sementara Umar bin Khattab, menjelma menjadi muslim sejati dengan masa silam yang kelam. Puncaknya ketika Umar bin Khattab, mengubur anak perempuannya hidup-hidup. Setelah mendengar alunan ayat-ayat suci al-Qur’an secara tidak sengaja mengubah hatinya lantas mengucapkan dua kalimat syahadat. Subhanallah. Sejak saat itu Umar menjadi Singa Padang Pasir.

Bagaimana dengan Khalifah ketiga Utsman bin Affan? Utsman bin Affan digelari Dzu  An-Nuraini karena sikapnya yang lugas dalam memenuhi seruan Allah SWT dan Rasul-NYa. Yang paling berkesan darinya adalah ketika ia membeli sumur dan diwakafkan untuk masyarakat sekitar.

 

Baca Juga :


Kelebihan-kelebihan ketiga tokoh di atas tidak jauh berbeda dengan khalifah keempat Ali bin Abi Thalib. Tokoh yang satu ini sudah masuk Islam sejak remaja. Makanya dalam sejarah, Ia menjadi remaja pertama yang masuk Islam. Luar biasa. Ali bin Abi Thalib dikenal sangat pemberani dan ahli dalam menunggang kuda. Beliau juga mendapat gelar sebagai gerbangnya ilmu. Karena wawsannya yang luas, pemahaman yang tajam, kefasihan ya ng cemerlang, kebranian yang besar dan juhud yang agung.

Lalu hikmah apa yang dapat kita petik dari keempat tokoh besar ini? Walaupun kita tidak mendapat binaan langsung dari Rasulullah SAW, kita bisa meneladani tokoh-tokoh ini dari berbagai buku dan literatur khazanah ke islaman yang tersebar diberbagai penjuru dunia. [] -n05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan