logoblog

Cari

Sesegar Sayur Ina Ijah

Sesegar Sayur Ina Ijah

(KM. Sarangge) Di RT 08 RW 02 Kelurahan Sadia ada seorang janda tua bernama Ina Ijah. Warga sekitar sering memanggilnya dengan

Sosok Inspiratif

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
04 Februari, 2014 07:04:51
Sosok Inspiratif
Komentar: 2
Dibaca: 10988 Kali

(KM. Sarangge) Di RT 08 RW 02 Kelurahan Sadia ada seorang janda tua bernama Ina Ijah. Warga sekitar sering memanggilnya dengan Aju. Inah Ijah adalah penjual sayuran segar khusus di lingkungan kelurahan Sadia. Tiap pagi, Janda 65 tahun ini menjual sayuran segar dengan berjalan kaki mulai dari kediamannya hingga ke RW o1 dan bahkan hingga BTN Sadia. Profesi ini dilakoninya sejak sang Suami meninggal dunia Ina Ijah terpaksa berjualan sayur keliling untuk menghidupi keluarga.

Sebenarnya anak-anak Ina Ijah sudah dewasa dan berumah tangga. Namun janda ini ini tidak mau terus bergantung pada anak-anak dan menantunya. “ Anak saya hanya dua orang. Yang Pertama telah lama merantau ke Jakarta jadi Satpam Perusahaan. Dan yang kedua, Titin juga sudah berumah tangga.” Tutur Inah Ijah ketika berjualan sayuran di depan sekretariat Sarangge.

Dikatakannya, berjualan sayuran segar juga dilakoninya agar ada aktivitas daripada duduk diam di rumah.” Hasil dari jualan sayur segar setiap hari cukuplah untuk beli beras dan kebutuhan lainnya di hari. Tapi untuk nabung dan naik haji ga cukuplah. “ Ina Ijah yang suka humor ini tersenyum simpul. Setiap hari, sayuran Inah Ijah bisa laku sampai Tiga Puluh Ribu Rupiah. Jenis sayuran yang dijual Inah Ijah antara lain daun kelor, kangkung, Kol, kacang panjang, papaya muda, papaya matang dan mentimun. Kadang Ina Ijah juga menjual pisang yang dipetik dari kebunnya. Untuk mendapatkan sayuran segar, Inah Iah harus berangkat subuh ke pasar Bima. Kadan juga sayuran dan pisang itu dibeli langsung dari kebun-kebun warga di lingkungan RW 02 Sadia. 

Inah Ijah adalah sosok pekerja keras. Ia tidak pernah menyerah pada keadaan. Meskipun telah berusia lanjut, Ina Ijah tetap kelihatan segar, sesegar sayur dan buah-buahan yang dijajakannya. (*Alan) 

 

Baca Juga :


 



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. Tiffa_baingna

    Tiffa_baingna

    19 Maret, 2014

    jempol buat bu ijah...


  • Abu Macel

    Abu Macel

    04 Februari, 2014

    Aju adalah Pelajaran hidup bagi yang muda, agar tak ngoyo menghadapi kehidupan


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan